Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan

Kamis, 24 Agustus 2017

Hari ini Kamis 24 Agustus 2017 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap melaksanakan Rapat Koordinasi dengan dinas terkait upaya pemeliharaan Daftar Pemilih. Rapat dihadiri dari Dinas antara lain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kebanglimas dan Asisten 1 Setda Cilacap yang dibuka oleh Ketua KPU Cilacap, Sigit Kwartianto, SS. Dalam sambutannya disampaikan maksud dan tujuan rapat antara lain:

  1. Saling memberikan masukan dan saling bersinergi terkait dengan data kependudukan dan pemilih berkelanjutan untuk memastikan bagaimana pemutakhiran daftar pemiih tidak hanya saat pemilu,
  2. Daftar Pemilih tambahan untuk dimasukan dalam Database Pemiih Pemilihan terakhir yang akan digunakan sebagai bahan coklit pada tahapan Pemilihan Gubernur Tahun 2018

Selanjutnya Divisi Mutarlih, Akhmad Kholil menyampaikan bahwa Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 menyebutkan basis data mutarlih adalah DPT pemilu atau pemilihan terakhir, kemudian mempertimbangkan DP4. Ada satu kelompok data yaitu data pemilih yang terdapat dalam form ATB-KWK, Daftar Pemilih Tambahan / DPTb. Ini harus dimasukkan melalui pemutakhiran daftar berkelanjutan.
Contohnya formulir ATB-KWK dikeluarkan dibawa ke KPU Kab. Kota bersama dengan formulir C1, sehingga ada kegiatan scan dan C1 formulir ATB-KWK-nya sudah terhimpun dan menjadi mekanisme kontrol sehingga akan efisien dalam mutarlih berkelanjutan.

Selanjutnya Divisi Mutarlih Akhmad Kholil memaparkan dan sekaligus minta bantuan kepada Kepala Disdukcapil, data pemilih tambahan yang invalid dari pemilihan Bupati Cilacap sebanyak 3.069 pemilih untuk dapat diidentifikasi. Hasil identifikasi dikirim ke KPU Cilacap sebelum tanggal 10 September 2017 yang nantinya sebagai bahan DPS (Daftar Pemilih Sementara) untuk coklit.

Red :)