BINTEK PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA TPS

Bertempat di ruang rapat BKD Kabupaten Cilacap, KPU kabupaten Cilacap Selasa, 28 Agustus 2012 melaksanakan bintek pemungutan dan perhitungan suara di TPS dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di PPS dan PPK. Kegiatan bintek  diikuti 72 peserta yang terdiri dari dua orang anggota PPK dan Sekertaris PPK dari 24 kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap. Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang rangkaian kegiatan KPPS di mulai penyerahan formulir C6-kwk.KPU kepemilih sampai dengan perhitungan suara. 

Rangkaian kegiatan KPPS dimulai dengan pembagikan surat undangan ( formulir model C6-kwk.KPU) kepada pemilih yang namanya sesuai dengan SDPT selambat – lambatnya tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Untuk mengantisipasi adanya pemilih ganda KPPS melaksanakan pencermatan terhadap SDPT yang akan manjadi dasar penyampaian undangan.

Pada hari pemungutan suara di TPS,  pemilih menyerahan formulir model C6-KWK.KPU yaitu Surat Pemberitahuan Waktu dan Tempat Pemungutan Suara kepada KPPS. Selanjutnya pemilih melaksanakan pemungutan suara didalam bilik dan memasukan surat suara yang telah dicoblos kedalam kotak suara yang sudah disediakan.

Setelah proses pemungutan suara selesai, selanjutnya penghitungan suara dan mencatat hasilnya dalam model C2-KWK.KPU Ukuran Plano. Dari sini hasil penghitungan suara kemudian dimasukkan ke formulir C1-KWK.KPU beserta pembuatan sertifikat hasil penghitungan suara dengan mengisi Lampiran C1-KWK.KPU. Demikian seterusnya hingga hasil rekapitulasi dilakukan di tingkat kecamatan oleh PPK.